5 Tips Menarik Membersihkan Komputer dengan Baik

watch_later May 7, 2013
5 Tips Menarik Membersihkan Komputer dengan Baik


Anda mungkin telah mengetahui dasar untuk melakukan maintenance pada laptop atau komputer. Backup? Ya. Update software? Salah satunya. Namun ada beberapa cara lain untuk membuat laptop Anda tetap sehat dan segar. Berikut adalah beberapa tips yang kurang diketahui oleh pengguna komputer, namun cukup penting.



1. Pastikan backup Anda telah benar




Apa Anda yakin backup perangkat Anda telah berjalan dengan benar? Jangan hanya percaya - pastikan. Jika Anda menggunakan Time Machine pada Mac, hal tersebut cukup mudah: Klik menu bar pada Time Machine dan pilih Option. "Verify Backups" akan muncul. Klik, maka sistem akan memeriksa backup secara otomatis. Jika Anda mendapat pesan error, maka perangkat Anda perlu dilakukan backup ulang.




Windows Backup and Restore tidak memiliki fitur verify, namun Anda dapat melihat apakah file-file yang benar telah termasuk dalam proses backup. Anda juga dapat melihat apakah file tersebut berjalan, dengan membuka file-file secara individu.

Tetapi bagi anda yang tidak memerlukan backup data biasanya komputer yang digunakan untuk bermain game atau untuk melakukan beberapa percobaan, maka hapuslah backup data tersebut (untuk pengguna windows) karena dengan menghapus backup tersebut akan mengurangi pemakaian memori dan mengurangi kinerja atau proses CPU dalam menangani backup data (system restore). 




2. Bersihkan desktop Anda




Dengan membersihkan file-file ataupun shortcut yang ada di desktop anda, maka Perangkat Anda akan startup lebih cepat karena sistem tidak perlu menampilkan icon yang banyak. Dan juga, sistem tidak harus melakukan backup pada file-file di desktop Anda. Saya sendiri selalu melakukannya, dan menurut saya desktop yang bersih diganti dengan wallpaper yang bagus akan memberikan pandangan elegan terhadap desktop anda dan akan meningkatkan semangat anda dalam memakai komputer tersebut.




Tunggu apa lagi? Segeralah pindah file-file Anda ke dalam Documents, Applications, atau folder lainnya.




3. Buatlah password yang benar-benar kuat




Gunakanlah 12 karakter dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol yang sulit ditebak oleh orang lain. Jangan pernah gunakan kata-kata yang ada didalam kamus, karena mereka terdapat didalam file yang digunakan orang lain untuk mengetahui kata kunci anda. Sebagai tambahan gunakanlah password yang telah paten tersebut ke semua akun anda sehingga anda bisa mengingatnya dengan mudah tanpa melihat daftar password yang ada di catatan anda.




Anda juga dapat menggunakan aplikasi untuk membuat kata sandi secara otomatis seperti strongpasswordgenerator.com. Jika Anda benar-benar peduli terhadap keamanan, maka Anda dapat menuliskan username/password Anda dalam secarik kertas. Walaupun terkesan kuno, namun tidak ada orang lain di dunia ini yang dapat menggunakan internet untuk mengakses secarik kertas dalam saku Anda.




4. Jagalah hard drive, tapi biarkan saja solid state drive Anda




Jika Anda memiliki hard drive yang sudah berusia lama, maka lakukanlah maintenance secara berkala. Di Windows, gunakan Disk Defragmenter dalam System Tools. Windows 7 melakukan disk defragment secara otomatis sekali seminggu. Namun Anda dapat menggunakannya lebih sering - ketika Anda menginstall aplikasi baru. Taukah anda bahwa dengan mendefrag Hardisk atau media penyimpanan lainnya, maka sektor-sektor penyimpanan yang berantakan atau diistilahkan terpisah-pisah akan dirapikan kembali dan ini akan membuat kinerja atau performance hardware anda semakin meningkat.




Di Mac, fitur tersebut dapat ditemukan dalam aplikasi Disk Utility. Namun jika Anda ingin melakukan defrag pada solid state drive, sebaiknya jangan di dalam Windows. Drive jenis tersebut kurang bertahan lama dibanding hard drive pada umumnya, jadi Anda harus mengurangi aktivitas pada drive tersebut. Apple merekomendasikan defragment dilakukan ketika Anda menginstall atau mengupgrade aplikasi.




5. Hapus data iOS yang lama




Jika Anda menggunakan perangkat iOS dan sync dengan iTunes, beberapa data yang telah lama dan kurang penting akan memenuhi hard drive Anda. Untuk menemukannya, masuklah ke dalam menu Preferences pada iTunes dan pilih Devices. Jika perangkat mobile Anda bekerja dengan baik, Anda tidak memerlukan hal selain backup yang paling baru. Untuk menghapus data yang tidak diperlukan tersebut, pilih "Delete Backup" untuk mengosongkan beberapa gigabyte data. 




Hal ini biasanya tidak menjadi masalah bagi pengguna Android, karena Google selalu membackup data ke cloud secara default.

Oh iya tips ini tidak menutup kemungkinan cara-cara lain yang menurut anda lebih baik, untuk itu pilihlah tips yang sesuai dengan apa yang anda miliki.



sentiment_satisfied Emoticon