Smartphone dan Manusia - Tak Dapat Dipisahkan

watch_later April 29, 2013
Smartphone dan Manusia - Tak Dapat Dipisahkan


Smartphone - siapa yang tidak kenal dengan sebutan itu? Berasal dari dua kata yaitu 'smart' dan 'phone', smartphone berarti ponsel pintar atau ponsel cerdas. Dari masa ke masa, dunia teknologi memang selalu didatangi oleh hal-hal yang terus berkembang dan membuat dunia merasa penasaran. Nah, setelah kita melewati semua masa tersebut, tibalah kita di saat dimana 'smartphone' ini sedang menunjukkan kekuatan dan keperkasaannya. Disini saya akan memberi sedikit pendapat saya mengenai peran dan hal-hal lain yang menyangkut smartphone, khususnya di Indonesia.


Smartphone dan Manusia - Tak Dapat Dipisahkan


Dari data di atas, pada tahun 2011, telah beredar banyak jenis smartphone di Indonesia. Pada masa itu, Nokia masih merajai pasar smartphone di Indonesia. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang terus menerus dan kebutuhan yang semakin beragam, kekuatan Nokia pun semakin lama semakin memudar. Dengan kehadiran smartphone kelas atas seperti Blackberry, Samsung, dan Apple, masyarakat mulai berubah jalur. Mereka semakin tergantung kepada mobilitas yang ditawarkan oleh para penyedia smartphone. Dan juga, smartphone pada saat itu masih tergolong mahal. Misalnya saja Blackberry. Untuk mendapatkannya, kita perlu merogoh kocek lebih dari 2 juta rupiah. Jangankan smartphone lain yang lebih canggih.


BlackBerry

Blackberry merupakan salah satu smartphone canggih yang paling laris di Indonesia. Kenapa tidak smartphone lain? Sepertinya, yang berpengaruh disini adalah perilaku dari masyarakat Indonesia sendiri. Mereka lebih tertarik kepada model Blackberry yang menawarkan fitur-fitur chatting yang sesuai dengan selera mereka. Tidak hanya itu, Blackberry juga dapat digunakan untuk melakukan aktivitas pekerjaan atau bisnis. Dari segi performa, Blackberry memang tidak menawarkan spesifikasi yang terlalu wah. Aplikasi yang ditawarkan oleh mereka juga tergolong sedikit. Namun, kekurangan tersebut tidak menghalangi masyarakat untuk tetap menggunakan Blackberry sebagai smartphone andalan mereka.


Apple

Apple merupakan salah satu penyedia smartphone yang sudah tidak perlu diragukan kualitasnya. Mereka selalu menghasilkan smartphone dengan kualitas luar biasa, mulai dari iPhone 1st gen hingga sekarang iPhone 5. Tidak hanya iPhone, mereka juga menghasilkan iPad yang digemari oleh kalangan muda sekarang. Dari segi performa, produk smartphone Apple memang sudah diakui kekuatannya, seakan mereka tidak akan pernah kalah dibanding saingannya. Aplikasi yang ditawarkan juga sangat banyak, mulai dari aplikasi messenger, social media, games, dan lainnya. Di Indonesia, cukup banyak kalangan yang menggunakan smartphone Apple. Namun, cenderung kalangan menengah ke atas yang menggunakannya, dikarenakan harga yang tidak murah. Kualitas sebanding dengan harga, bukan?


Samsung

Samsung merupakan penyedia smartphone yang sedang melebarkan sayapnya di pasar Indonesia. Mulai dengan hadirnya Samsung Galaxy S2, S3, dan sekarang S4, masyarakat mulai tertarik dengan spesifikasi yang menggelegar namun dapat dibanderol dengan harga yang lumayan pantas. Walaupun smartphone produksi Samsung dapat dikatakan lebih banyak digunakan kalangan high-end, namun sudah banyak produk mereka yang ditujukan kepada kalangan low-end. Performa yang ditawarkan pun berbeda-beda. Samsung Galaxy S4 adalah yang terbaru, dengan processor 8 core nya. Dari segi aplikasi, Samsung sudah sangat berkembang. Seperti kita ketahui, smartphone Samsung menggunakan OS Android yang sangat mudah dikembangkan. Aplikasi yang terdapat didalam Android pun sudah mengalahkan Apple. Ke depannya, kita akan disuguhkan dengan berbagai fitur-fitur menarik yang ditawarkan oleh smartphone buatan Samsung, seperti layar fleksibel yang sedang mereka kembangkan.

Kesimpulan: Smartphone dan Manusia tidak akan pernah dapat dipisahkan. Hal itu sudah terlihat sejak beberapa tahun yang lalu. Manusia semakin bergantung dengan kekuatan tekonologi, yang salah satunya adalah smartphone. Apalagi manusia selalu menyukai hal-hal yang simpel dan memudahkan mereka dalam menjalankan aktivitas. Hal itulah yang selalu digunakan oleh para penyedia smartphone untuk selalu mengupdate dan mengembangkan perusahaan mereka. Walaupun pada saat ini di kehidupan sehari-hari masih banyak masyarakat yang tidak dapat mencicipi kekuatan dari smartphone, namun menurut saya suatu saat nanti akan ada masa dimana seluruh dunia dipenuhi oleh teknologi. Dan tentunya, smartphone tidak akan pernah hilang dalam hal itu.



sentiment_satisfied Emoticon