Apa itu SEO?

watch_later June 11, 2013

Apa itu SEO?

Jika anda adalah seorang Blogger atau webmaster, maka anda tentunya sudah tau apa itu SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa Indonesia yaitu optimisasi mesin telusur atau mesin pencari, misalnya mesin pencari Google.
SEO adalah teknik atau trik yang digunakan untuk mengoptimisasi sebuah website atau blog sehingga blog atau website tersebut bisa ditemukan di halaman pertama atau kedua atau ketiga pada mesin pencari dengan kata kunci tertentu sesuai dengan artikel atau postingan yang di buat di blog atau website.
Apa itu SEO?

Pentingkah SEO itu?

Tentang Penting atau tidaknya SEO bagi seorang blogger atau webmaster, ini tergantung pada tujuan pembuatan blog atau website tersebut. Jika blog atau website tersebut ingin di sebarkan ke umum dan ingin blog atau website tersebut terkenal, maka haruslah anda memperhitungkan SEO ini, tetapi jika anda ingin blog atau website anda bersifat rahasia (mungkin sharing pribadi) maka anda tidak perlu mengoptimalkan website atau blog anda untuk mesin pencari. Tetapi secara umum menurut saya semua orang ingin blog atau websitenya diketahui oleh semua orang, dan tentu saja itu akan membawa untung kepada pemilik website atau blog tersebut.

Bagaimana Caranya mengoptimalkan Website atau Blog untuk SEO?

Tentang cara mengoptimalkan blog atau website terhadap SEO, ada dua tipe cara;

  1. On Page Optimization

On Page Optimization disini berarti kita meningkatkan SEO dengan cara mengoptimalkan Blog atau Website  dengan memodifikasi bagian dalam atau elemen Blog atau Website tersebut. Yang dimaksud elemennya disini adalah kode-kode HTML yang menyusun Blog atau website tersebut. misalnya di blog Blogger, kita dapat memodifikasi kode HTML dari menu template kemudian edit template. Disini kita bisa modifikasi dengan menambahkan kode-kode yang berfungsi untuk mengoptimalkan blog atau website, misalnya penggunaan meta tag description, atau penggunaan header tag alt tag, dan lain sebagainya. Untuk cara mengingkatkan SEO lebih detail, anda bisa memanfaatkan mesin pencari untuk menemukan teknik-teknik meningkatkan SEO.

     2. Off Page Optimization

Off Page Optimization disini berarti kita meningkatkan SEO bukan dari faktor internal blog atau website melainkan faktor eksternal yang mempengaruhi peringkat blog atau website kita pada Search Engine Result Page (SERP). Faktor eksternal adalah faktor luar yang mempengaruhi, misalnya banyak tidaknya link URL kita di website atau blog orang lain. Semakin banyak link URL kita di website atau blog orang lain, maka semakin tinggilah peringkat kita pada SERP. Untuk itulah sekarang ini banyak orang yang melakukan pertukaran link, tetapi biasanya blogger atau webmaster menambahkan keterangan rel='nofollow' pada link eksternalnya, hal ini bertujuan supaya blognya tidak memberikan pengaruh pada link tersebut.
Sekian dari saya tentang "Apa itu SEO?" untuk lebih detailnya anda bisa menggunakan search engine untuk menemukan trik-trik lainnya.



sentiment_satisfied Emoticon