Apa itu E-Commerce?

Apa itu E-Commerce?

E-Commerce adalah suatu cara yang digunakan untuk mempublikasikan suatu barang atau jasa dengan cara menampilkan barang atau jasa tersebut pada media online.E-Commerce adalah bagian dari E-Business yakni Business yang dijalankan secara online atau sekarang diistilahkan dengan jual online, dan sekarang telah berkembang menjadi jual-beli online. Dimana penjualnya tidak terbatas pada perusahaan atau produsen yang memproduksi suatu barang atau jasa, tetapi sekarang siapa saja bisa terlibat dalam bisnis online ini. Karena orang-orang bisa menjual barang yang mau dijualnya.
Apa itu E-Commerce?

Ciri-Ciri E-Commerce?

Apa yang membedakan E-commerce dengan website-website lainnya? Yang membedakan E-Commerce dengan website-website lainnya adalah fitur yang dimiliki serta kerumitan dalam hal pengelolaannya.
Ciri-ciri E-commerce adalah sebagai berikut:
  • E-Commerce memiliki transaksi tanpa batas dimana kita atau user dapat mengakses selama 24 jam. Sebenarnya website biasa juga 24 jam, cuman E-commerce ada transaksinya.
  • Bisnis online atau jual beli online, jadi antara penjual dan pembeli tidak perlu untuk pernah berjumpa atau tatap muka. Karena ada beberapa cara dalam transaksi atau pembayaran, dan salah satunya adalah Cash On Carry (COD) melalui transfer dan pengiriman.
  • Barang yang dijual atau ditawarkan tidak terbatas dan dapat berupa apapun tidak terbatas pada aturan yang berlaku pada situs jual beli online tersebut.
  • Kita bisa membuat E-Commerce dengan web application yang telah banyak dibuat dan disebarkan secara bebas.

Bagaimana Cara membuat E-Commerce?

Untuk membuat sebuah website yang memiliki fitur E-Commerce, tidak wajib untuk menggunakan web aplication yang telah didesain khusus untuk membuat Toko Online misalnya Prestashop. Website yang berbasis blog seperti Wordpress juga bisa digunakan untuk membuat sebuah toko online, dengan cara menambahkan extension yang bisa diunduh di website resminya. extension tersebut harus yang memiliki fungsi CMS (Conten Managemen Source) dan Database. Nah itu untuk website yang berbasis blog, sedangkan untuk membuat toko online yang pada dasarnya telah didesain sebagai ecommerce seperti Prestashop, Magneto, Fortune, OpenCart, dll. untuk web aplication ini kita membutuhkan sebuah tempat untuk menyimpan instalasi filenya atau yang biasa disebut dengan File Hosting. File Hosting juga digunakan untuk menyimpan database dari toko online tersebut termasuk juga didalamnya gambar, artikel, dll. Urusan File Hosting selesai, sekarang mengenai alamat websitenya. Untuk alamat website (alamat dari webaplication kita) maka kita membutuhkan domain yang bisa dibeli tergantung kita butuhkan domain yang seperti apa, misalnya .com .net .web.id ,dll. Ada banyak situs yang menyediakan File Hosting dan Domain, bahkan ada juga yang langsung menyediakan Domain dan Hostingannya dalam Satu Paket. Terserah mau pakai yang mana.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment